SISTEM HIDROULIK PADA EXCAVATOR

Posted: Maret 16, 2013 in OTHER

SISTEM HIDROLIK PADA

EXCAVATOR

Untitled

Di Susun Oleh:

AHMADI RAFE’I

3331101530

JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA

CILEGON-BANTEN

2011

————————————————————————————————————————————————————

SISTEM HIDROLIK PADA EXCAVATOR

Prinsip Dasar Sistem Hidrolik

Hukum yang menjadi dasar prinsip sistem hidrolik adalah hukum pascal.

  • Dalam sebuah ruangan tertutup, tekanan yang bekerja pada fluida akan

merambat merata kesemua arah.

  • Besarnya tekanan dalam fluida adalah gaya (F) dibagi dengan luas bidang

tekannya (A).

  • Tekanan pada suatu titik akan bekerja ke segala arah dan sama besar.

Untitled

Minyak Hidrolik

Minyak   hidrolik   dalam  suatu   sistem   hidrolik   merupakan   media   untuk

mentransmisikan kerja dari suatu tempat ke tempat lain. Disamping itu dalam

penggunaannya minyak hidrolik harus mampu untuk :

  • Melumasi bagian-bagian yang bergerak dalam pompa dan motor hidrolik.
  • Mempunyai sifat pelumasan yang baik dan menyerap kalor akibat tekanan.
  • Mempunyai ketahanan tinggi terhadap putusnya lapisan film minyak.
  • Sedapat mungkin viskositas tidak boleh tergantung pada temperatur.

 

Sirkuit Hidrolik Excavator

Sistem hidrolik pada Excavator digunakan untuk mengendalikan pengendalian Boom Raise/Lower, Stik out/in, Bucket close/open, Swing Right/left, atau kombinasi dari gerakan-gerakan di atas. Sistem tenaga hidrolik ini dikontrol oleh main control valve, yang terdiri dari beberapa katup directional control valve (DCV). Sistem hidrolik digerakan oleh dua buah variable pump dengan jenis pompa piston (Axial piston pump) dimana pompa ini menyalurkan tenaga dari engine pada excavator.


Sistem Hidrolik Excavator

Berdasarkan fungsinya sistem hidrolik pada excavator dapat dikelompokan

menjadi tiga, yaitu :

1. Hidrolik silinder

Hidrolik silinder yang merupakan work tool untuk melakukan kerja yang

terdiri dari tiga jenis, yaitu :

· Boom silinder.

· Stick silinder.

· Bucket silinder.

2. Swing motor dan drive

Oli hidrolik yang dikontrol oleh control valve memungkinkan swing drive

dan motor berkerjasama memutar excavator.

 

3. Trevel motor dan final drive

Oli  hidrolik  yang  dikontrol  oleh  control  valve  dan  swivel  joint

memungkinkan trevel motor dan fianl drive menggerakan excavator maju dan

mundur.

Untitled

Gb 1.1 Bagian Excavator

Boom Sirkuit hidrolik

 

1. Boom raise

Oli dari pompa kanan (28) dialirkan melalui parallel feeder passage (17) di main control valve (11) ke boom I control valve (19), check valve (14), ke shift valve (4) di boom drift reduction valve (5) dan keluar melalui line (3) ke head end boom cylinder (1). Oli dari pompa kiri (27) melalui parallel feeder passage (8) di main control valve (11) ke boom II control valve (16), check valve (13), port (15), line (10) dan ke boom drift reduction valve (5). Dimana akan terjadi combonasi aliran oli dari pompa kiri dan kanan pada through passage (12) dan line (3) ke head end boom cylinders (1). Oil return dari rod end boom cylinders (1) mengalir melalui laine (2) ke boom I control valve (19), retrun passage (18), retrun passage (9) dan retrun line (6) dan ke hidrolik tank.

Untitled

Gb 1.2 Sirkuit Hidrolik Boom Raise (HIGH SPEED)

2. Boom lower

Sebelum boom lower beroperasi, oli yang dialirkan hanya dari pompa kanan (28). Oli dari pompa kanan (28) akan melalui parallel feeder passage (17) ke boom I control valve (19), check valve (14), dan diteruskan lane (2) ke rod end boom cylinders (1). Oil retrun dari head end boom cylinders (1) diteruskan laine (3) ke boom drift reduction valve (5). Valve (48) bergeser karena tekanan oli pilot dari pilot line (53) dan membuka drain line (50). Oil retrun di line (3) masuk saluran (51) dan boom regenetation valve (41) sehingga oil retrun menyuplai ke rod end boom cylinders (1) melalui line (2).

Untitled

Gb 1.3 Sirkuit Hidrolik Boom Lower

Stick Sirkuit hidrolik

 

1. Stick out

Oli dari pompa kanan (29) dialirkan melalui parallel feeder passage (12) di main control valve (6), check valve (16), ke stick II control valve (13) dan line (7). Oli dari pompa kanan (29) juga mengalir melalui parallel feeder passage (22), check valve (19) ke stick II control valve (13) dan ke line (7). Jadi semua oli dari pompa kanan (29) mengalir di line (7) ke stick reduction valve (5) lalu ke rod end stick cylinder (1). Oli dari pompa kiri (28) dialirkan melalui center bypass passage (18) di main control valve (6), load check valve (15), passage (17) ke stick I control valve (21) dan passage (8) lalu masuk ke valve (4) di stick drift reduction valve

(5), line (3) ke rod end stick cylinder (1). Oil retrun dari head end stick cylinder mengalir melalui line (2) dan retrun passage (9) ke stick I control valve (21) lalu mengalir melalui retrun passage (10) dan retrun line (23) dan ke hidrolik tank.

Untitled

Gb 1.4 Sirkuit Hidrolik Stick Out

2. Stick in

Oli dari pompa kiri (28) akan mengalir di center bypass passage (18), check valve (15), melewati stick I control valve (21) dan passage (9) ke line (2) lalu ke head end stick cylinder (1). Oli dari pompa kanan (29) di center bypas passage (12) akan mengalir melewati check valve (16), stick II control valve (13) dan ke line (42). Oli dari pompa kanan (28) juga mengalir melalui parallel feeder passage (22), check valve (19), stick II control valve (13) dan ke line (42). Jadi semua oli dari pompa kanan (28) mengalir di line (42) ke line (2) lalu ke head end stick cylinder (1). Oil retrun dari road end stick cylinder mengalir melalui line (3) ke stick drift reduction valve (5). Valve (4) di stick drift reduction valve mengalirkan oli ke

passage (43), retrun passage (10) dan retrun line (23) lalu ke hidrolik tank.

Untitled

Gb 1.5 Sirkuit hidrolik Stick in

Bucket Sirkuit hidrolik

 

1. Bucket Close/Open

Oli yang dialirkan di bucket hidrolik sirkuit hanya dari pompa kanan (22). Oli dari pompa kanan (22) dialirkan melalui parallel feeder passage (16) di main control valve (5), load check valve (12), ke bucket control valve (9) dan lane (3) lalu ke head end bucket cylinder (4). Oil retrun dari rod end bucket cylinder mengalir melalui line (2), orifice (11) di bucket conterol valve (9), retrun passage (17) dan retrun line (6) lalu ke hidrolik tank. 2. Bucket open Bucket open beroperasi sama seperti saat bucket close beroperasi. Oli dari pompa kanan (22) mengalir ke parallel feeder passage (16), load check valve (12), ke bucket control valve (9) dan lane (3) lalu ke head end bucket cylinder (4). Oil retrun dari head end bukcet (4) mengalir melalui line (3), retrun passage (17), retrun line (6) lalu ke hidrolik tank.

Untitled

Gb 1.6 Sirkuit hidrolik Bucket

Swing Sirkuit hidrolik

 

1. Swing right

Oli yang dialirkan ke swing hidrolik sirkuit hanya dari pompa kiri (28). Oli dari pompa kiri (28) mengalir melalui parallel feeder passage (13) di main control valve (14), load check valve (12), passage (17), swing control valve (18), passage (16), line (9) ke swing motor (5) untuk berputar ke arah kanan (clockwise direction). Oil retrun dari swing motor (5) mengalir ke line (10), retrun passage (11), retrun line (8), slow retrun check valve (33) ke hidrolik tank.

2. Swing left

Swing left beroperasi sama seperti saat swing right beroperasi. Oli dari pompa kiri (28) mengalir melalui parallel feeder passage (13), passage (17) dan line (10) ke swing motor (5) untuk berputar ke arah kiri (counterclockwise direction). Oil retrun dari swing motor (5) mengalir ke line (9), retrun passage (11), retrun line (8) dan slow retrun check valve (33) ke hidrolik tank.

Untitled

Gb 1.7 Sirkuit hidrolik Swing Right/Left

Proses Gerakan

 

Dalam proses gerakan Excavator, biasanya sudah menggunakan prinsip Hidrolik Kombinasi antara silinder satu dengan silinder yang lain, berikut adalah gerakan pada excavator.

1. Proses menggali

Gerakan-gerakan yang dilakukan adalah bucket close (silinder bucket bergerak open), stick out (silinder stick bergerak close) dan boom lower (silinder boom bergerak close).

Untitled

Gb 1.8 Gerakan Proses menggali

2. Proses mengangkat

Gerakan-gerakan yang dilakukan adalah bucket close (silinder bucket

bergerak open), stick in (silinder stick bergerak open) dan boom raise (silinder

boom bergerak open).

Untitled

Gb 1.8 Gerakan Proses mengangkat

3. Proses membuang

Gerakan-gerakan yang dilakukan adalah bucket open (silinder bucket

bergerak close), stick out (silinder stick bergerak close) dan boom raise (silinder

boom bergerak open).

Untitled

Gb 1.8 Gerakan Proses membuang

4. Proses berputar

Gerakan-gerakan yang dilakukan adalah bucket close (silinder bucket bergerak open), stick out (silinder stick bergerak close), boom raise (silinder boom bergerak open) dan motor swing berputar ke kiri atau kanan.

Untitled

Gb 1.8 Gerakan Proses berputar

LAMPIRAN

Gambar Sirkuit Hidrolik Yang diPerbesar

Untitled

Komentar
  1. basori mengatakan:

    Tdk ngerti kalau tdk sama alatnya lngsng

    • sersasih mengatakan:

      Langsung dateng aja ke Kontraktor nya biar ngerti (y)

    • Anonim mengatakan:

      hai ,,,sob,,,gmn mngatasi trabel soting trek kiri tdk bs maju mundur dan swing harus d pancing dengan ARM masuk bru mau bergerak bgtu jg dgn trak kiri saat d beri aliran atteman lain baru merespok sy tunggu jwb nya Brooo,,,,,

      • sersasih mengatakan:

        Haduh…… Angkat tangan sy…. Komplikasi bnget ky nya itu…

      • Anonim mengatakan:

        Mas bro saya ada trobel bisa bantu tidak…
        Klau pompa hidrolik berat apanya ya pak broo

      • nico mengatakan:

        Udah cek senter join?

      • Edi Muklis mengatakan:

        kebetulan saya mekanik alat berat khusus eksa komatsu…..untuk trek kiri tidak bisa maju mundur, coba lakukan test pressure main pressure antara 325 sd 350 bar itu sdh bagus sama control pressure 30 sd 33 bar…..liat hasilnya? untuk swing harus dipancing arm kemungkinan pressure switch swing yg rusak….tks

      • Edi Muklis mengatakan:

        (buat anonim)…. pompa berat itu seperti apa beratnya?…. apakah gerakan perlengkapan kerja menjadi lambat atau suara mesin seperti mendapat beban berlebihan?kalau mesin keberatan kayak mau mati pertama-tama lakukan pengukuran rpm pada mesin bandingkan dengan std setelah itu lakukan pengetesan pressure pompa….pastikan semua elektrical systim berfungsi dengan sempurna sebelum dilakukan pengetesan pompa……apabila bapak sdh melakukan pengukuran ini dan memberikan data ini saya bisa menyimpuklkan perkiraan kerusakan tks

  2. Anonim mengatakan:

    Trus bagaimana dengan cara kerja hidrolik, dengan posisi jack swing??

    • Anonim mengatakan:

      sy mas sugeng memberikan jwb jek swing > epek nya 2> 1.swing serkel akan mengalami kerusaka
      2> motor swing bagian Sungear akan cepat rontok atau pecah saat ada hentakan yg tidak d ajurkan secara prosudur oprasi alat berat,,,,

    • nico mengatakan:

      Udah cek senter join?
      Trus klw pompa berat biasa ny stelan pompa ny klw gerakan cepat tapi tidak kuat itu stelan control valap ny

  3. riyadi mengatakan:

    cekot cekot kepalaku

  4. Anonim mengatakan:

    minta ijin ngopy boss

  5. alex mengatakan:

    tidak apalah masih kurang jelas tapi udah bisa buat reverensi ….thanks bro atas infonya
    saya ijin ngopy..

  6. Anonim mengatakan:

    ni pc 200 – brp gan ?

  7. Mhinan Elka mengatakan:

    cara kerja controllernya gmn? . Yang belum paham adalah system elektroniknya dapat mengontrol gerak hidrauliknya. Seperti apa tu Gan??

    • sersasih mengatakan:

      Sama gan kalo gitu… saya juga lum apaham bagian itunya…. saya jurusan teknik mesin jadi krangg paham kalo elektronika nya…🙂

    • Edi Muklis mengatakan:

      mas mhinan,
      controller pada eksa terbagi 2 ada controller engine, ada controller pompa, controller ini pada unit tertentu ada yg jadi satu namanya engine-pump controller dan pada unit lain ada yg terpisah masing masing. tugas controller itu kurang lebih kalau pada manusia sebagai otak, jadi controller engine tugasnya mengontrol kerja engine sedangkan controller pompa mengatur kerja pompa…..cara kerjanya sbb: controller itu menerima data2 yg dikirim sensor2 maupun alat kontrol perlengkapan kerja yg ada diunit, mengolah data, dan mengirim perintah dalam bentuk sinyal elektrik ke perangkat elektik yg ada di unit dan data data yg dikirim maupun yg diperintahkan ke controller akan ditampilkan pada layar monitor…
      contoh kerjanya: pada saat kita putar gas mesin kearah maksimum maka sinyal elektrik akan dikirim ke controller engine sebagai perintah setelah controller menerima perintah dalam bentuk sinyal elektrik maka controller akan mengolah data dan mengirim perintah sinyal elektrik ke actuator engine sehingga actuator engine akan bergerak ke arah maksimum sesuai yg diperintahkan dan untuk unit tertentu kecepatan engine akan di tampilan di layar monitor tks…

  8. Anonim mengatakan:

    semua sbnrnya tdk sulit untk mengrakan handle untk swing, saat menggali, mengangkat, dan membuang, karna saya udah mencoba lgsung dgn alatnya tpi saya bisa yg buat, KOMATSU, CAT, KOBELCO, VOLVO DAN HYUNDAY, tpi yg buat HITACI wah gak bisa bro laen grakan hndlnya.

    JULIAN RAJA 3

  9. sersasih mengatakan:

    Wooowww…. keren gan… (y) saya dari dulu pen nyobain tapi lum pernah kesampean heheheheh

  10. Anonim mengatakan:

    trimakasih kak@dg begini aku menjadi pandai dg eskavatorku

  11. Anonim mengatakan:

    petunjuk gambarnya seperti angkanya diperjelas dong bro

  12. remon mengatakan:

    gan kalau angkat boom trus tenaganya ngedrop kira2 kesalahannya dimana ya….???

  13. Anonim mengatakan:

    slamat malam gan mau nanya kalau pc 200-6 ngedrop waktu travel apa yang rusak gan pressure pompa 380kg dan ppc pressure 35kg gan apamasalah nya gan

    • sersasih mengatakan:

      Wahhh banak kemungkinan…. harus di Cek satu persatu, dari mulai Selang hidraulik, Pompa Hidraulik, dan Hidrauliknya sendiri apa komponen tersebun masih berfungsi dengan baik………….

    • Edi Muklis mengatakan:

      mas anonim,
      pressure 380kg/cm2…..itu sdh ketinggian…. std kalau kita ukur pada saat perlangkapan kerja relief (arm atau bucket) nilai std 325kg/cm2 itu sdh sangat bagus dan bila kita ukur pada saat travel relief (two stage relief valve) maka nilai std mak 355kg/cm2 dan untuk ppc std pressure 30sd33kg/cm2…. menurut saya apabila sistim elektriknya bagus kemungkinan yg rusak swivel joint atau dari travel motornya yg bermasalah…..tetapi sebelum bpk memutuskan kerusakannya dimana maka sebaiknya dilakukan pengukuran LS pressure dan ukur delta pls pada saat travel relief tks.

  14. Anonim mengatakan:

    gan kalau 200-7 track lemah stering gak kuat tapi yang lain normal apa penyebab nya gan

    • nico mengatakan:

      Klw trek brmasalah tapi yg lain normal itu kamu cek senter join ny senter join jrg mleset itu gan

    • nico mengatakan:

      Klw trek brmasalah tapi yg lain normal itu kamu cek senter join ny senter join jrg mleset itu gan

    • Edi Muklis mengatakan:

      lemah sebelah atau ke2nya pak….atau cuma ndak kuat steering tapi jalan lurus kuat? kalau lemah kedua 2nya apabila tidak ada error elektrik kemungkinan yg rusak travel motor tapi apabila tidak kuat steering sedangkan jalan lurus kuat maka ada kemungkinan swivel joint… tetapi sebaiknya lakukan pengukuran pressure pompa apabila pressure tidak tercapai ada kemungkinan dari pompa hidrolik apabila engine kondisi dan elektrik ok…tks

  15. Anonim mengatakan:

    Bisa aja travel motor lemah…

  16. Anonim mengatakan:

    Saya udah paham dikit

  17. Anonim mengatakan:

    Saya udh mulai paham tentang excavator

  18. alsky mengatakan:

    ex komatsu pc 200-6. kenapa tekanan hidrolitnya jadi lamban, dan bunyi pompa jadi keras, dan berisik suaranya, jadi herakanya pelan,,,, minta saranya… gan

    • sersasih mengatakan:

      Kekuatan Hidraulik tergantung dari peforma pompa hidraulik….. saya cuma bisa kasih saran cek lagi kondisi pompa hidrauliknya masih josss gk pompanya……. pengecean dimulai dari pompa —- seal-seal —– selang hidraulik —— valve gerak —— dan hidraulik nya…..

      maaf cuma bisa kasih saran sederhana dan sok tau banget🙂

    • Edi Muklis mengatakan:

      mas alsky ;
      kalau pompa berisik kemungkinan terjadi kerusakan pada pompa hidrolik, coba buka plug/ baut di bagian bawah pompa cek apakah ada gram besi atau kuningan kalau ada besar kemungkinan pompanya mulai aus atau mungkin rontok…tks

  19. David Tam Tam mengatakan:

    boleh nanya tentang alat kobelco strip 5 tidak gan??

  20. mahsun mengatakan:

    bagaimana cara mengatasi exsavator pc 200-6 yg tenaganya

  21. atho mengatakan:

    Komatzu pc 200_5.apa penyebab turbo bisa membara???

  22. defrayulizarman@gmail.com mengatakan:

    Kenapa excavator hitachi zx110 saat membuka arm tenaga nggak ada

  23. defra yulizarman mengatakan:

    Pompa hidrolit excavator hitachi zx110 saya baru tapi saat membuka arm nya pompa nya berat,kalau di paksa mesin nya mau mati,

  24. Anonim mengatakan:

    gan komatsu pc 200.7 di buat gerak mesin langsung mati knpa ya tpi klu waktu gk gerak mesin gk mati…

    • sersasih mengatakan:

      Logika nya Mesin mati karena beban terlalu berat……. kalo gk gerak kan gk ada beban d mesin nya……. kondisi mesin nya ky gmana..?? Apa mash prima atau udah loyo……

    • Edi Muklis mengatakan:

      mas anonom,
      sebelumnya apakah pompa pernah di setel atau di overhaul? kalau pernah kemungkinan setelan pc atau LS berlebihan sehingga mesin kelebihan beban…tetapi sebaiknya di cek berapa rpm engine pada saat perlengkapan kerja digerakan….tks

  25. m.shodiq mengatakan:

    Assalamualaikum sih …bisa ngobrolga .Ne no hp saya085208054004 ditunggu ya..

  26. Anonim mengatakan:

    kak skematiknya yg jelas gambarnya ada ga?

  27. Anonim mengatakan:

    hy gan, mintak sirkuit utk motor travel na, ad gk??? kalo ad sarhe dunk???

  28. edo mengatakan:

    Bor maunaya alat hitachi syh loyo kenapah

  29. Syukri mengatakan:

    Hai sob.., aku punya axcavator kobelco waktu angkat boom atau bucket engine nya ngedrob n keluar asap hitam. Kira Kira apa kesalahan nya..?

  30. Syukri mengatakan:

    Hai sob.., aku punya axcavator kobelco strip 5waktu angkat boom atau bucket engine nya ngedrob n keluar asap hitam. Kira Kira apa kesalahan nya..?

  31. dio ilham mengatakan:

    saya dio…saya sebagai mekanik alat berat..jadi kemaren ada trouble yang saya alami yaitu pergerkan boomnya tidak smooth ketika di gerakkan ke bawah..kira2 apa penyebabnya ya??

  32. Anonim mengatakan:

    minta info tentang alat hitachi,swingnya laju sebelah,itu masalah ap ya mas broe

  33. Minin mengatakan:

    Fungsi travek junction untuk apa??

  34. Minin mengatakan:

    Fungsi travel junction di control valve untuk apa ya..??

    • Edi Muklis mengatakan:

      buat mas minin,
      travel junction valve fungsinya untuk menjaga keseimbangan oli yang mengalir kesirkuit travel kiri dan kanan saat travelling agar tetap lurus gerakannya contoh pemakaian pada komatsu PC200-6, PC300-6….tks

  35. Anonim mengatakan:

    Apa penyebab trevel trek lambat sebelah

  36. agus mengatakan:

    Mas brow…maaf sy mau blajar nih…mau tanya apa jeni/nama minyak haudrolik pd HITACHI..

  37. Anonim mengatakan:

    Susah mengerti.y broow…

  38. Anonim mengatakan:

    Mas minta tolong ada excavator hitachi 330lc boom gak ada tenaga yg lain smua normal sprti arm bucket swing dan trak trevel

  39. Gunawan mengatakan:

    Gan..Berapa liter kapasitas tank hidraulik pc 300 komatsu strip 8..

    • Edi Muklis mengatakan:

      pak gunawan
      kalau refill tank hidrolik pc300-8 itu 188 liter saja (kalau kita isi sesuai tanda maksimum yg ada di tank hidrolik) ….tapi secara teori kalau semua oli hidrolik di sistim hidrolik dikeluarkan semua butuhnya 365 liter. tks

  40. ipul mengatakan:

    penjelasan sederhananya gimana mas? hehehe

  41. nico mengatakan:

    Sya ad pngtahuan sdikit sistem pompa hydrolik dtg aj ke fb sya nicoargian

  42. nico mengatakan:

    Fb sya nico sya ad juga sedikit pngtahuan sistem hydrolik

  43. Anonim mengatakan:

    Penyebab travel drop putaran nya kenceng sbelah,cara mengatasinya gmna pak

  44. gun gun mengatakan:

    Bos mai nanya apanya pc200-6terjadi ngedrrof kompa udh d perbaiki mesin udah di perbaiki
    Gugu

    • Edi Muklis mengatakan:

      mas gun-gun
      kebetulan saya spesialisasi eksa komatsu pc 200 sd 400….mulai _6 sd _8…..skg saya bekerja sebagai mekanik panggilan dulu saya bekerja di UT (united tractors) dan KRA (Komatsu Remanufacturing Asia) ini no hp saya 0813 47 858 252 (Edi Muklis)…saya berdomisili di balikpapan kal-tim…. saya sering dipanggil keluar pulau untuk perbaikan, menurut saya kemungkinan low power ( pompa ngedrop) disebabkan sistimnya yg bermasalah….kalau dibutuhkan boleh panggil saya untuk perbaikan unit tsb.tks

  45. Anonim mengatakan:

    bos

  46. Anonim mengatakan:

    bro law bom digerak ke atas harus nunggu apa ia yg salah komat’su pc 400 yg lain normal

  47. Yanto mengatakan:

    Alat saya kobelco sk200 terabel sering macey legulator ,selenoit ama setik sering ngeplos kira”apa nya

  48. Anonim mengatakan:

    mas punya gambar sirkuit hidrolik bulldozer yang tanpa ripper , atau enggak tau alamat website buat nyari sirkuit bulldozer .terimakasih

    • Edi Muklis mengatakan:

      saya punya sirkuit hidrolik buldozer khusus komatsu D85ESS-2ukuran gede dan sdh dilaminating….hub i saya 0813 47 858 252

  49. Anonim mengatakan:

    Numpang tanya gan…boleh gk

  50. Anonim mengatakan:

    Gmna bro

  51. Dandi sanjaya mengatakan:

    boss, mau bertanya. cara memperbaiki pompa hydraulic excavator yang bunyi bgaimana yah???

    tmksh .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s