Mesin mobil adalah suatu komponen mobil yang terdiri dari bagian-bagian logam yang bergerak dan fungsinya saling berhubungan satu sama lain. Gerakan bagian-bagian logam tersebut yang lama-kelamaan akan aus sehingga mesin mobil memerlukan suatu sistem pelumasan yang berfungsi untuk mendistribusikan cairan pelumas atau oli ke bagian-bagian yang bergesekan tersebut.
Komponen-komponen Sistem Pelumasan :
Oil Pressure Switch
Suatu komponen yang berfungsi sebagai switch yang mengaktifkan lampu peringatan bila tekanan oli tidak tercukupi pada saat mesin mobil dinyalakan.
Oil Pump
Suatu komponen yang berfungsi untuk menarik oli yang berada di Oil Pump dan memompa oli tersebut ke seluruh bagian mesin mobil.
Relief Valve
Komponen ini bekerja untuk membebaskan tekanan pada saat Oil Pump mempunyai tekanan yang berlebihan.
Oil Strainer
Komponen yang berupa saringan oli dan terpasang di saluran masuk oli untuk memisahkan partikel yang besar dari oli.
Oil Filter
Komponen ini berfungsi sebagai penyaring kotoran yang tidak diinginkan dari oli mesin yang secara bertahap akan terkontaminasi dengan kotoran besi dan lainnya.
Sistem pelumasan pada mesin mobil mempunyai fungsi sebagai :
- Cairan pelumas yang membentuk minyak film untuk melapisi komponen-komponen logam yang bergerak dan bergesekan sehingga dapat mencegah keausan.
- Pendingin pada komponen-komponen yang bergerak dan menghasilkan panas dari gesekan dua benda tersebut.
- Pembersih Kotoran yang dihasilkan dari gesekan komponen-komponen logam.
- Perapat yaitu dengan menghasilkan sebuah seal (penyekat) sehingga dapat mencegah terjadinya kebocoran gas (blow by gas) antara piston dan dinding silinder.
- Pencegah karat pada komponen-komponen logam.
Toyota sendiri selalu memperhatikan pelayanan dan kepuasan terhadap pelanggannya maka memberikan kemudahan dengan meluncurkan produk oli yang bernama Toyota Genuine Motor Oil (TGMO) Mineral Oil dan TGMO Synthetic. Toyota memberikan program subsidi gratis oli TMO sintetik 2 liter pada saat servis berkala di atas 50.000 Km. Program ini berlaku mulai tanggal 1 April sampai dengan 31 Desember 2012
Anda harus mengenali karakter mobil anda ketika butuh perawatan seperti adanya suara-suara aneh pada mesin mobil anda, tarikan yang menurun, hal ini dapat sebagai tanda saatnya oli mobil harus diganti. Apabila anda rutin melakukan perawatan mobil di bengkel langganan anda maka akan ada rekomendasi jadwal jarak tempuh tertentu untuk penggantian kembali oli mesin mobil anda.
Artikel Lain
- sistem pelumasan
- sistem pelumasan pada mobil
- komponen mesin mobil
- sistem pelumasan mobil
- sistem pelumasan mesin mobil
- sistem pelumasan mesin
- sistem pendinginan pada mobil
- Bagian mesin mobil
- komponen sistem pelumasan mobil
- sistem pelumasan pada mesin mobil
SISTEM PENDINGINAN PELUMAS
Sistem Pendinginan Dan Pelumasan
Cara Kerja Sistem Pelumasan
Cara Kerja Pelumasan Mesin
Pompa oli bekerja berdasarkan putaran poros engkol. Pompa oli melakukan hisapan oli dari oil pan dan saringan kasar pada bak oli. Oli yang terhisap kemudian ditekan melalui sistem pengatur tekanan dan melalui filter oli kemudian oli melumasi komponen-komponen mesin dan kembali ke bak oli oleh gaya gravitasinya sendiri. Begitu seterusnya sirkulasi pelumasan terjadi terus-menerus selama sistem pelumasan dapat bekerja dengan baik.
ALIRAN OLI PADA SISTEM PELUMASAN TEKANAN PENUH